22.08
0
 Menjaga kelestarian lingkungan tentu dimulai dari sekitar kita. Terutama bagi kaum pelajar yang banyak menghabiskan waktu di sekolah. Tempat ini dikenal sebagai sumber ilmu yang banyak memberikan manfaat bagi seluruh kaum pelajar di berbagai penjuru dunia. Selain ilmu akademis, pelajar juga dibekali ilmu non-akademis. Dari hal yang paling sederhana yaitu menjaga kebersihan lingkungan.




Salah satu upaya sekolah kami untuk membekali ilmu menjaga kebersihan lingkungan adalah menerapkan sistem ‘nyampah setiap pulang sekolah’.


 Bukan diajari untuk mengotori lingkungan sekitar, tapi sekolah kami mewajibkan setiap siswanya untuk keluar gerbang dengan berbekal sampah yang harus mereka pungut dari depan kelas hingga ke gerobak sampah yang disediakan di depan gerbang sekolah. Satu siswa wajib membawa satu sampah, bisa dibayangkan sejumlah siswa di seantero sekolah memungut sampah yang berserakan. Cukup membantu tukang kebun, bukan ?
 
Hal ini bertujuan untuk membiasakan hidup bersih dengan memungut sampah yang kita temui di sekeliling kita. Harapannya, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah siswa terbiasa untuk memungut sampah yang berserakan di jalanan dan menempatkannya di tong sampah. Menjaga hutan dimulai dari kebiasaan sederhana di lingkungan hidup kita, memungut sampah yang berserakan adalah sebagian kecil dari upaya menjaga keasrian lingkungan hidup.


Orang bijak selalu membuang sampah di tempatnya. Yuk buang sampah pada tempatnya ! siapapun : aku, kamu, kita semua !

0 komentar:

Posting Komentar

SoundCloud