07.11
0


Masalah utama pada ekosistem terletak pada hutan sebagai tempat tinggal para hewan dan tumbuhan. Salah satu penyebab rusaknya hutan adalah kebakaran yang sering terjadi di berbagai tempat, sehingga mengakibatkan tebalnya asap di udara yang  dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Kebakaran hutan bukan semata karena ulah manusia tetapi juga karena faktor alam yaitu kemarau berkepanjangan.
Selain itu, rusaknya hutan juga disebabkan beberapa faktor diantaranya belum optimalnya penegakan hukum dalam percepatan penyelesaian pelanggaran/kejahatan di bidang kehutanan seperti contoh kasus Perambahan hutan dan ilegak logging yang sering kita temui di masa ini. Para pemburu hutan liar tidak akan merusak hutan dengan semena-mena jika hukum yang berlaku sudah berjalan dengan baik.
Seperti semboyan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Seandainya kita bisa menjaga hutan lebih baik, maka kita tidak perlu menanggulangi kerusakan yang terjadi. Salah satu cara menjaga hutan adalah menegakkan hukum yang berlaku dengan lebih tegas. Hal ini sangat penting untuk mencegah pelanggaran/kejahatan yang akan semakin merambah di hutan.
Adanya polisi hutan seharusnya sangat membantu dalam penjagaan dan pelestarian hutan. Dengan bertindak tegas terhadap segala macam pelanggaran dan menolak semua bentuk suapan maka hal itu merupakan sumbangan terbesar bagi upaya penjagaan hutan.
Dari generasi muda untuk kelestarian alam indonesia
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

SoundCloud