01.18
0


            Seperti yang kita tahu, pohon juga merupakan makhluk yang diciptakan Tuhan dimuka bumi ini. Pohon juga beraktivitas, pohon juga tumbuh, bergerak, bernafas, makan, dan aktivitas lainnya. Hanya saja pohon memiliki batasan-batasan yang tak bisa dilakukan seperti berpikir, karena pohon memang hanya diciptakan dengan fungsi tubuh yang tidak digunakan untuk itu.
            Walau begitu, pohon memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan kehidupan dibumi. Pohon mempunyai andil besar dalam menjaga kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Pohon dan sebagian besar tumbuhan lain, membuat makanan dengan cara fotosintesis. Yang mana kita semua tahu dari proses fotosisntesis itu pohon bisa menghasilkan O2 atau oksigen.
            Oksigen merupakan salah satu komponen udara yang terkandung dalam atmosphere bumi. Ini juga merupakan hal penting yang membuat manusia dan mekhluk lainnya seperti hewan tetap hidup. Manusia bernafas dengan menghirup oksigen dan menukarnya dengan karbondioksida atau CO2. Dan CO2 merupakan salah satu zat yang dibutuhan tumbuhan dalam melakukan proses Fotosintesis. Jelas ada hubungan timbal balik yang dilakukan manusia dan tumbuhan bukan? Kita membantu mereka membuat makanan dan  mereka memberi oksigen untuk kita bernafas.
            Sungguh menakjubkan makhluk Tuhan yang bernama tumbuhan ini. Ia membuat kita tetap hidup dan menjalani kehidupan di muka bumi ini. Perilaku sebagian kecil manusia yang tak bertanggung jawab, dan telah merusak kelestarian pohon di Bumi, sebenarnya merupakan usaha bunuh diri mereka sendiri. Mereka telah merusak penyedia oksigen bagi ummat manusia dan mahluk hidup lainnya. Dan bayangkan jika oksigen di Bumi habis, maka habislah pula riwayat kehidupan di muka Bumi ini.
            Jadi, kita yang merupakan generasi yang hidup di Zaman sekarang, masih memiliki kesempatan untuk mencegah kerusakan bumi, selagi masih terdapat pohon-pohon di Bumi ini. Kita dapat melakukannya dengan melestarikan hutan, dan tidak merusaknya. Paling tidak dimulai dari diri kita sendiri, dan kalau bisa mengajak dan mendorong orang lain untu menjaga hutan. Dengan itu kita sudah menyelamatkan bumi dan makhluk hidup di dalamnya.



0 komentar:

Posting Komentar

SoundCloud