01.04
1
           Di Era modern ini manusia semakin maju dengan pemikiran-pemikirannya. Dunia semakin modern, teknologi semakin canggih, dan industri-industri sudah semakin berkembang. Kadang dengan itu semua manusia terjerumus pada keangkuhan. Mereka melupakan penciptanya dan mengakui bahwa dunia yang maju sekarang adalah hasil usaha mereka sendiri. Padahal jelas, Tuhan lah yang menjadikan kita pandai, Tuhan lah yang memberikan kita kekuatan, dan Tuhan lah yang membuat kita berdiri di Muka bumi ini. Bisa saja sewaktu-waktu Tuhan mengambil semua itu dari kita manusia yang angkuh. 
Salah satu Ciptaan Tuhan yakni tumbuhan, merupakan karya ajaib yang dianugerahkan oleh Sang Khalik kepada hambanya. Kita manusia Tidaklah bisa hidup di Bumi ini tanpa adanya tumbuhan. Sejak zaman nenek moyang kita, tumbuhan merupakan salah satu sumber makanan yang paling mudah didapat. Tumbuhan terutama pohon juga bisa dijadikan tempat tinggal yang nyaman bagi manusia. Tumbuhan juga menjadi habitat para hewan dihutan. Dan yang terpenting, tumbuhan lah yang memproduksi oksigen yang kita hirup sehari-hari. Jadi tumbuhan jelas memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan ini. 
Dari banyak nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita lewat tumbuhan, Apakah pernah kita berpikir untuk membalasnya? Apakah pernah kita memberikan sesuatu kepada tumbuhan, layaknya yang mereka berikan kepada kita? Kebanyakan menusia masih belum menyadari itu semua, padahal itu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Yang hanya bisa kita lakukan untuk membalas nikmat Tuhan ialah menjaganya dengan sebaik mungkin. Dan dengan itu, kita telah bersyukur atas nikmat Tuhan. Seperti yang telah difirmankan dalam Al-Qur’an, “Barang siapa yang mensyukuri nikmat Ku, maka akan aku tambah baginya, dan barang siapa mengkufuri nikmatku maka adzabku sangat pedih”.
 Tapi kita lihat apa yang terjadi sekarang ini? Di Tahun 2015 saja hampir 65 juta hektar di Pulau Sumatra dan 60 hektar di pulau Kalimantan hangus terbakar. Dan asap dari kejadian itu menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat disekitar hutan. Bukan hanya itu, masyarakat di pulau bahkan hingga Ke Negara tetangga juga merasakan dampak dari bencana itu. Bisa dibilang hutan di Indonesia merupakan senjata penghancur bumi, karena merupakan kawasan hutan terluas setelah Amazon. Jika terjadi kerusakan di Hutan Indonesia, maka dampaknya juga akan dirasakan oleh Negara di sekitarnya bahkan Dunia. Karena seperti yang kita tahu, hutan memiliki peran yang amat sangat besar pada kelangsungan kehidupan di Bumi.

Kerusakan itu telah mulai terjadi, bukan hanya karena faktor alam, tetapi juga faktor tangan-tangan menusia yang haus akan kekayaan dan mengorabankan hutan demi kalung dan gelang emas yang bergelantunag di leher mereka. Mereka membabat hutan untuk dijadikan lading uang. Mungkin sebagian besar dari mereka beralasan agar dapat bertahan hidup, tapi sadarkah mereka bahwa usaha mereka untuk hidup malah membawa mereka pada kematian. Kesengsaraan yang lebih besar dari kesenangan mereka dengan harta akan mereka rasakan, bahkan hingga anak cucu mereka kelak. Bukan memojokkan mereka sebagai tersangka, tapi perilaku seperti ini harusnya bisa dikendalikan. Di Dunia ini kita tidak hidup sendiri, ada orang lain di sekitar kita, ada hewan, tumbuhan, dan lainnya. Sikap egois untuk memuaskan diri sendiri, akan membawa kita pada kesengsaraan. Perhatikanlah makhluk lain, dan jagalah lingkungan terlebih khusus hutan mulai dari sekarang, demi unutk masa depan cerah bumi dimasa depan.

1 komentar:

SoundCloud